sumber: https://wikimediafoundation.org/

Beberapa waktu lalu ada perbincangan yang menarik, menarik untuk diikuti dan menarik untuk dibagi.

Semua orang pasti tahu apa itu Wikipedia, tapi tidak banyak orang yang mengetahui Wikiquote, Wikivoyage, Wikispecies, Wikimedia Commons, dan yang lainnya. Jadi, sebenarnya wiki itu bukan hanya Wikipedia, tapi ada juga wiki yang lain yang bisa dibuat oleh siapa saja.

Lantas apa hubungannya dengan dunia fotografi?
Begini, Wikipedia biasanya berfokus pada tulisan dan kekayaan sumber, tapi tulisan tersebut terkadang perlu disertai dengan gambar yang mendukung. Di situlah para pegiat fotografi bisa mengambil peran di Wikipedia. Seorang pegiat fotografi, dapat menambahkan atau menyunting suatu tulisan yang ada di Wikipedia. Bahkan kita bisa membuat tulisan mengenai diri kita sendiri.

Lalu apa manfaatnya?
Kalian tau siapa yang mengakses Wikipedia? YA, hampir setiap orang di seluruh dunia dengan akses internet. Dan ketika kita banyak berkontribusi di Wikipedia, kita bisa dilihat oleh seluruh dunia. Selain itu, kita jadi rajin membaca dan menulis. Hal itu pun akan sangat berguna bagi para pegiat fotografi, karena sering kali, suatu hasil karya foto itu memerlukan sebuah tulisan, baik untuk berita, sosial media, buku foto, atau bahkan pameran sekali pun. Di situlah pentingnya kemampuan kita sebagai pegiat fotografi untuk memiliki kemampuan menulis, yang tentu saja harus dilatih dengan sering membaca dan menulis.

Wikipedia itu kan ensiklopedia bebas, ada tidak yang khusus fotografi?
Nah di sini poin menariknya, di awal sudah dijelaskan bahwa Wiki itu ada banyak. yang sebenarnya kita pun bisa membuatnya sendiri, misal wikiAPFI, wikiLESKOFI, wikiLSPFI, atau apapun. Caranya, kita unduh plug-in Mediawiki yang dirilis Yayasan Wikimedia lalu install di web kita, selesai. MediaWiki itu “is used by tens of thousands of websites and thousands of companies and organizations. It powers Wikipedia and also this website. MediaWiki helps you collect and organize knowledge and make it available to people. It’s powerful, multilingual, free and open, extensible, customizable, reliable, and free of charge.
Oiya, Yayasan Wikimedia sendiri adalah yayasan yang menginisiasi terbentuknya Wikipedia, membuat MediaWiki, dan menjadikan wiki tersebar sangat luas.

Duhh untuk menginstal MediaWiki di web kayanya ribet, ada cara yang lebih mudah tidak?
Tentu saja ada, yaitu Wikimedia Commons. Salah satu wiki yang berfokus pada basis data media, yaitu foto, video, dan audio. Nah, di Wikimedia Commons para pegiat fotografi punya jalan yang lebih leluasa dibanding Wikipedia, karena berfokus pada data media. Kita bisa berbagi hasil karya foto kita untuk dinikmati seluruh dunia, dan bahkan terkadang kita bisa mendapat hadiah atau pun penghargaan. Hampir setiap hari Wikimedia Commons membuat kontes foto dan menyediakan rubrik Picture of The Day. Di situlah kita bisa berusaha untuk bersaing dengan banyak orang di seluruh dunia.

Sampai seperti itunya ya, memang WIkimedia Commons itu seberapa besar sih?
Sampai saat ini tanggal 13 Juni 2020, Wikimedia Common mempunyai sekitar 62 juta berkas media yang jumlahnya akan terus bertambah, apalagi jika kita ikut berkontribusi. “Imagine a world in which every single human being can freely share in the sum of all knowledge. – Wikimedia Foundation”

Jadi apakah para pembaca mulai tertarik dengan Wiki? Jika tertarik, ini beberapa link yang dapat dikunjungi.
MediaWiki
Wikimedia Commons
Wikimedia Foundation
Cara membuat Wiki sendir
i (yusufmiskandar)