Diinisiasi oleh Pengda JATIM, mengundang Dr. Emil E. Dardak M.Sc, selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, melalui zoom cloud meeting (10/6, 2020). Acara dibuka melalui sambutan Ketua Harian APFI Pusat, disambung Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia/LSPFI, dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Indonesia/LESKOFI. Dalam penyampainnya, LESKOFI telah melaksanakan 70 kegiatan uji kompetensi, di 74 tempat di Indonesia, untuk 1315 peserta uji komptensi. Dilanjutkan dengan penyampain dari Ketua Pengurus Daerah Jawa Timur, bahwa asosiasi profesi siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah, melalui dinas terkait.

Dalam kesempatan ini, Wagub Jatim menyampaikan apresiasinya, telah berdirinya asosisasi profesi yang telah memiliki standar kompetensi. Dengan demikian menjadi alat ukur bagi pemeritahan daerah, untuk melanjukan kerjasama. Dalam paparannya Wagub menyampaikan peluang usaha fotografi, diantaranya di sektor pariwisata yang dianggap sangat dekat. Dengan demikian peluang menggarap fotografi di sektor pariwisata sangat besar, diantaranya sebagai media komunikasi promosi, penyerapan jasa fotografi di destinasi wisata hingga sebagai konten digital. Dalam penutupnya, beliau menyampaikan bahwa bisa saja terjalin kerjasama dengan dunia pendidikan, melalui Sekolah Menengan Kejuruan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Langkah selanjutnya adalah mendorong implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, di pemerintahan daerah. Dengan demikian asosiasi dapat memperjuangkan anggotanya yang telah memiliki sertifikasi kompetensi, untuk mendapatkan peluang kerja lebih luas di pekerjaan pemerintah daerah.