Senin, 8 Juni 2020, APFI mengadakan acara Silaturahmi Nasional APFI 2020 secara daring lewat platform cloud meeting Zoom. Acara berlangsung dari pukul 18.30 WIB sampai dengan 20.30 WIB yang disiarkan secara langsung di platform Youtube. Acara dibuka oleh Doddy S. Mawardi sebagai moderator kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sjuaibun Iljas Ketua Dewan Pembina dan Harry Reinaldi atau lebih akrab disapa HarSOS yang menjabat sebagai Ketua Umum.

Pada Silaturahmi Nasional APFI 2020 ini, hampir semua perwakilan Pengda dan Pengcab APFI dari Sabang sampai Merauke turut hadir. Hadir pula Ketua LESKOFI Andang Iskandar dan Ketua LSPFI Ridha Kusumabra. Dan sebagai tamu spesial sekaligus narasumber dalam acara ini, turut hadir Billy Mambrasar dari Staf Khusus Presiden RI, Syaifullah Agam dari Kemenparekraf, Fitria Yolanda dari Kemendikbud, dan Baso Saleh dari Kominfo.

Memasuki acara inti, moderator memberikan kesempatan kepada Ketua Umum APFI untuk memaparkan sejarah awal pembentukan APFI yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Sesi diskusi kali ini, membahas kelanjutan kerja sama APFI, LESKOFI, LSPFI, dan Pemerintah yang sempat terhambat Pandemi COVID-19 dan pergantian struktur pimpinan Pemerintah Pusat. Hal ini menjadi penting dibahas, karena LESKOFI dan LSPFI yang menjadi lembaga sertifikasi di bawah naungan APFI, secara pelaksanaan program memerlukan perhatian dan dukungan dari Pemerintah. Perubahan struktur pimpinan Pemerintah Pusat berimbas kepada alur birokrasi yang berubah, sehingga baik LESKOFI, LSPFI, maupun APFI memerlukan penjelasan yang jelas dari pemerintah.

Dari hasil diskusi, Pemerintah akan tetap memberi perhatian dan dukungan kepada APFI, LESKOFI, dan LSPFI selaku organisasi yang memayungi bidang fotografi. Akan tetapi, sampai diskusi ini selesai, masing-masing perwakilan dari pemerintah, baik dari Kemenparekraf, Kominfo, Kemendikbud, dan Staff Khusus Presiden baru bisa melakukan follow-up hasil diskusi ini ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu, APFI, LESKOFI, dan LSPFI berharap dapat dilaksanakan pertemuan selanjutnya demi tercapai tujuan bersama, khususnya dalam upaya meningkatkan profesionalisme para pegiat fotografi.(yusufmiskandar)